Minggu, 14 Februari 2010

sebuah keberanian dan kotak

sebenarnya sudah lama aku pegang kotak ini. sampai tanganku berkeringat berusaha bertahan untuk memegangnya. namun aku lupa, kapan keberanian itu akhirnya timbul dan kemudian mendorongku menyerahkan kotak ini padanya. mungkin itu bukan keputusan terbaik, mungkin kekuatan itu terlalu cepat datangnya. membuat waktu mencair dan mengalir tanpa bekas. membuat moment yang kutunggu menjadi hilang seperti tak ada makanya.
kotak yang seharusnya kuberikan itu akan menimbulkan sensasi yang tiada bandingannya. bagiku atau baginya. nyatanya, kotak itu hanya seperti sesuatu yang memang harus terjadi dan kemudian berlalu.

apakah aku kemudian menyesal telah memberikan kotak itu padanya? mungkin, kalau mereka bertanya pasca kotak itu diberikan dengan lantang tegas dan cepat aku akan bilang IYA. penyesalan sebab moment itu berlalu begitu saja tanpa bekas. sebab keberanian itu terlalu bulat dan belum matang. sehingga makna dari kotak itu menguap.

tapi jika dirunut sekarang, semua terjadi dengan alasan. dan aku tidak pernah menyesal akhirnya berani menyerahkan kotak itu. walaupun kemudian kotak itu tak bersambut, aku bersyukur. mungkin memang seharusnya kotak itu tak pernah ada. mungkin memang sudah sepatutnya aku meletakan kotak itu dari lama. menyerah untuk mempertahankannnya. kelelahan bagiku adalah sebuah perjalanan mulia untuk mempertahankan prestisnya, yang ternyata aku ketahui sekarang bahwa semua itu tak ada nilainya.

aku takkan marah padanya, saat ia mengabaikan kotak yang kuberikan. kami berkawan karib sampai detik aku menulis ini. walaupun kotak itu berarti banyak bagiku, aku tidak memperhitungkan bagaimana itu akhirnya lenyap tanpa bekas. ia punya hak untuk menerima menyukai atau tidak menerima dan tidak menyukai. aku mengerti.

dan sejauh ini, aku telah berdamai dengan segala kekecewaan dan penantian dan kekuatan yang sudah terlanjur aku bulatkan untuk menyerahkan kotak ini.

setelah semua ini selesai, aku pasti akan pergi... dan mungkin sangat mungkin
akan ada yang baru yang kudapatkan dan mungkin bukan aku yang memberikan
tapi kami saling berbagi

Tidak ada komentar: