Minggu, 08 Agustus 2010

the cure

akhir-akhir ini saya mudah sekali marah. ditanya-tanya, marah. ga ditanya-tanya, bt. pokoknya hampir segala hal rasanya mengesalkan. tidak ada yang menyenangkan. inginnya sendiri. kalau ada kegiatan-kegiatan rasanya ingin segera selesai lalu pulang, mengurung di kamar, jad autis seperti biasa.
tapi ternyata menyendiri dan menutup diri itu tidak membantu meringankan rasa tidak enak, lelah dan penat. maka saya pikir, memang hidup ini sulit. beradaptasi dengan lingkungan yang lebih besar tidak mudah. terkadang butuh waktu dan energi yang. kadang kita harus rela dikikis supaya pas di wadah yang baru. jadi saya pikir, ya sudahlah. bukankah hidup adalah rangkaian cerita dalam film? kalau tidak ganti scene, mana seru. kalau tidak konflik, mana asik.
jadi ini yang saya lakukan untuk mengatasi hal-hal negatif yang keluar masuk sembarangan dalam diri saya. saya akan mulai membuat list shout out untuk hal-hal inspiratif yang mungkin telah menolong saya dan dapat membantu kalian juga.
lets start



membaca sesuatu yang menarik!


1. MANJALI DAN CAKRABIRAWA
(ayu utami, seri bilangan Fu)

ini salah satu karya ayu utami yang saya baca dalam waktu...3 jam kira-kira. padahal kisahnya terhitung mistis dan mengandung banyak klenik. tapi yang membuat saya terangsang untuk membacanya terus adalah kisah ini menggabungkan fiksi dengan kejadian-kejadian historikal dan keadaan spiritual yang masih kental di kebudayaan negara ini. kisahnya dan penuturan karakter-karakternya memang lebih sederhana dibanding novel "saman" tapi kedahsyatan ayu utami untuk berdiri menjadi perempuan yang kritis menghadapi banyak pertentangan, harus tetap diacung 4 jari jempol. benar-benar bikin lekat mata kisahnya. sederhana dan membuat kita "deg-degan". saat membaca ini sebentar saya lupa kalau minggu ini adalah minggu paling "hubalahubala" (baca : menyebalkan). tapi ingat buat yang penakut jangan baca ini sendirian. cukup bikin bergidik lho




resensi :

lanjutan dari kisah "bilangan fu" (yang mana saya belum selesai baca,saking magisnya) cerita yang ini berkisah dari sudut pandang marja. perempuan bertubuh liat dengan kekuatan seksualitanya yang tegas terpancar, berkekasihkan pemuda dengan keliaran yang menandinginya "Yuda" dan bersahabatkan "parang jati" pemuda dengan keindahan dalam yang luar biasa. sebelumnya, manjali berhasil menjembatani "kebertigaan" mereka dengan sempurna. sahabat dan kekasih. selalu ada batas yang jelas. tiba-tiba dalam sebuah perjalanan yang kemudian mengantarnya pada pengalaman magis mengenai penemuan candi "calon arang" yang diduga erat merupakan peninggalan kerjaan Airlangga, Marja menyadari bahwa dalam situasi ini batasan kekasih dan sahabat sudah mulai bergeser. ia dalam kebimbangan akan hal-hal magis yang berhubungan dengan logikanya dan terutama cinta. bersamaan dengan penemuan candi ini, terungkap pula hubungannya dengan sebuah prasasti cakrabirawa. cakrabirawa di indonesia menjadi sebuah kata yang tabu setelah terjadinya pemberontakan PKI tahun 65. kebetulan-kebetulan yang begitu banyak, mengantar mereka pada kenyataan di balik misteri yang berubah wujud menjadi teka-teki. dan di antara semua itu, ada kekuatan besar yang mengawasi mereka. bagaimanakah mereka semua menyelesaikan permasalahan yang ada?



2. CALON ARANG
(Pramoedya A. Toer)
saya memang selalu punya ketertarikan spesial soal kebudayaan hindu budha. terutama hindu. maka dari itu mimpi saya adalah pergi ke india. walaupun saya terbilang orang yang jauh dari hal-hal klenik dan magis, adalah hal spesial soal sejaran dan mitos itu buat saya. dari novel sebelumnya "manjali dan cakrabirawa", sudah dibahas soal calon arang. janda tukang teluh yang jahanam. nah, saya penasaran sekali dengan dia. pemuja dewi durga ini konon sangatlah sakti, namun sayang kesaktiannya digunakan untuk menyiksa orang lain.
makanya waktu saya ke toko buku, saya langsung sikat buku ini. bukunya tipis. ceritanya luar biasa sederhana. ya paling tidak menambah wawasan dan keterbukaan dari berbagai sudut pandang. yang paling menarik adalah kejeniuasan (seperti biasa) pengarang dalam menata alur. sederhana, kuat dan mengikat pembacanya untuk terus membaca.


resensi :
ceritanya berawal dari penceritaan mengenai mengapa calon arang begitu mendengki karakternya. ia marah, ia dendam, ia tidak menyukai orang lain, ia ingin orang lain menderita semuanya karena ia tidak suka diusik, tidak suka diganggu dan tiap kali ia merasa tidak suka ia punya kekuatan untuk menyiksa balik orang-orang itu. maka terjadilah siklus kebencian calon arang dengan kehidupan sosialnya. ia marah terutama karena anaknya, manjali, tidak juga ada yang meminang. padahal cantiknya luar biasa. semua ini kembali, karena ketakutan pada calon arang. akhirnya janda ini memohon restu durga untuk menyebarkan teluh (kutuk) pada orang-orang agar mereka menderita. jadilah penyakit menyebar dimana-mana, satu persatu rakyat meninggal. hal ini meresahkan Airlangga, raja Daha. maka ia pun mencari solusi untuk mengatasi kedahsyatan ilmu sakti calon arang. satu-satunya cara adalah mengorbankan anaknya, manjali. dan anak seorang brahmana, empu barada. (barada adalah satu karakter tulisan saya yang saya dapat secara random. kebetulan yang aneh)



3. Crayon Sinchan
ayolah siapa sih yang gatau tokoh kartun dan komik ini. saya sangat menikmati membacanya. walaupun memang nilai moral sastra dan estetikanya nol persen. tapi menurut saya, dunia ini sudah lama terlalu serius dan menjadi tua karen terlalu serius. crayon sinchan mengajarkan saya untuk bersikap polos dan lugu. walaupun memang membaca ini hanya untuk "ketawa ketiwi saja". tapi semua setuju toh ini sangat menghibur?




wait for next huge interesant thing!

Tidak ada komentar: