Jumat, 23 Juli 2010

i n c e p t i o n

di balik semua kehebatan dan kekuatan alur yang menggetarkan sanubari serta ide cerita yang tidak bisa dipungkiri BRILIAN untuk seorang pemimpi macam saya, tergeletak satu kata di dasar kepala yang terus terngiang. LIMBO
ingat pada kata itu? kata yang digunakan untuk memperingatkan para pencuri alam mimpi untuk tidak mati pada tingkatan ketidaksadaran yang tinggi di dunia mati? yang seolah menjadi neraka bagi dunia mimpi? pada kondisi yang merujuk kepada satu dunia dimana ilusi dan realitas adalah semu, dimana semua hal yang berada di depan kita tidak terpisahkan, dimana dunia adalah bentuk dari alam bawah sadar kita dan hal lain yang hidup di dalamnya hanya proyeksi dari alam bawah sadar kita? limbo adalah keadaan dimana memori kita menghilang, dimana kita dan ilusi bersatu. seolah kenyataan kita adalah mimpi. dan mimpi adalah kenyataan baru kita.
menurut wikipedia, karena begitu besarnya rasa ingin tahu saya pada dunia spekatakuler yang dimasuki oleh pasangan Cobb, limbo adalah
In Catholic theology, Limbo (Latin limbus, edge or boundary, referring to the "edge" of Hell) is a speculative idea about the afterlife condition of those who die in original sin without being assigned to the Hell of the damned. (http://en.wikipedia.org/wiki/Limbo)
jadi dengan kata lain itu adalah dunia dimana surga dan neraka adalah ruang tuju kita. limbo adalah ruang tunggu. limbo adalah tempat dimana film lovely bones menyajikannya dengan sangat indah. disana limbo mengungkap kebenaran tentang hidup mereka (jiwa-jiwa yang tidak tenang) hidup nantinya. limbo dalam film inception menyatakan bahwa jika kita bersatu dengan mimpi dan berada pada tingkatan tertentu dalam sebuah mimpi, kita harus kembali dengan utuh. dengan kata lain limbo adalah tempat sampah. limbo adalah dunia bagi mereka yang mati dalam alam ilusi. kematian yang semu, berujung pada limbo. setelahnya, kita akan hidup kembali dan melupakan yang terjadi di belakang. limbo mengunci memori yang terjadi kemarin dan membuat kita mengkreasikan hidup yang kita mau.
jadi...
masih menjadi penjelasan yang pincang buat saya, sebab limbo dalam pengertian film inception dihadirkan dalam berbagai bentuk dan versi. berbeda dengan teori yang diungkap wikipedia.


kalau boleh saya masukan dalam soneta

dunia dimana manusia menjadi tuhan bagi dirinya
dunia dimana waktu seolah jembatan
yang bisa dihabiskan kapan saja untuk menuju ke ujung yang lain
dimana pada titik yang lain,
apa yang terjadi di balik punggung kita mengepul menjadi asap
limbo
adalah ruang tunggu
dan kita pemainnya
kita atur waktunya
sebab kita terlalu takut
menghadapi waktu yang terjadi di dunia
dengan realitasnya yang membumi hanguskan
memori yang kita tinggalkan
darimana limbo berasal
kemana perginya?


"i go home and i find a way back to home...so where is it? where is the world that i live in it? am i the background of some silly story? am i just a tiny spot in a big wallpaper? i crawl into the cave, where i sleep well and live life to fullest"

a-caveman-sing

Tidak ada komentar: